Definisi Jantung Bengkak Kardiomegali Menurut Ilmu Kedokteran

Tidak banyak orang yang tahu jika mendengar satu kata mengenai penyakit yang bernama kardiomegali, namun jika mendengar kata penyakit jantung bengkak mungkin diantara kita banyak yang mengetahuinya.

Penyakit Jantung Bengkak

Pada dasarnya kardiomegali dan jantung bengkak ini merupakan satu gangguan kesehatan yang sama, jantung bengkak ini adalah sebutan yang umum dikenal oleh kalangan masyarakat. Jantung Bengkak atau kardiomegali ialah terjadinya perubahan bentuk atau ukuran organ jantung yang melebihi ukuran normalnya (adanya pembengkakan pada organ jantung).

Mengapa Jantung Dapat Membengkak ?
Didalam tubuh manusia memiliki organ yang paling penting yakni jantung, ketika organ jantung ini kinerjanya terganggu hingga terjadi kerusakan yang cukup serius pada otot otot jantung. Pembengkakan jantung ini terjadi karena tersumbatnya aliran darah di pembuluh darah sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan darah sebagaimana normalnya.

Pada saat yang sama juga organ jantung bekerja semakin keras untuk mendapatkan asupan nutirisi serta oksigen yang terkandung dalam darah. Ketika kondisi ini berlangsung cukup lama dan tanpa adanya pencegahan atau pengobatan hingga pada akhirnya organ jantung menjadi membengkak melebihi ukuran normalnya.

Apa saja yang bisa menyebabkan penyakit jantung bengkak?
Penyakit jantung bengkak sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor yang memicunya diantaranya ialah:

  • Malas bergerak atau berolahraga, perilaku buruk seperti ini menjadi salah satu faktor yang paling banyak berperan dalam terjadinya serangan jantung bengkak, seseorang yang malas untuk melakukan aktivitas fisik biasanya akan mengalami kenaikan berat tubuh yang lama kelamaan terjadinya penumpukan zat berbahaya atau lemak pada bagian tubuh, dan yang paling berbahaya selain dari serangan jantung bengkak bisa juga terjadi penumpukan plak plak pada saluran pembuluh jantung/ aterosklerosis atau bahkan serangan jantung koroner.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi, tekanan darah yang tinggi di dalam darah akan mengakibatkan organ jantung bekerja lebih keras daripada normalnya.
  • Adanya kerusakan pada katup jantung, gangguan kinerja pada katup jantung juga akan mempengaruhi kinerja jantung dalam memompa darah.
  • Kardiomiopati, otot organ jantung menjadi menebal dan terjadi pengerasan sehingga otot jantung tidak elastis lagi.
  • Kekurangan sel darah merah (anemia), menimbulkan darah tidak membawa pasokan oksigen yang cukup untuk jantung.
  • Memiliki riwayat penyakit amyloidosis, gangguan kesehatan penyakit ini mampu memberikan dampak negatif pada organ jantung yang mana kandungan protein yang tidak normal menjadi mengendap dan tersimpan pada organ jantung.

Baca juga obat jantung bengkak herbal.

Bagaimana mengetahui seseorang telah terkena penyakit jantung bengkak ini? Dalam kasus tertentu penyakit ini seringkali tidak menimbulkan tanda tanda gangguan pada jantung atau kesehatan lainnya, akan tetapi kita dapat mengetahuinya jika mengalami gejala gejala seperti ini :

  • Merasa sakit pada saat menarik nafas khususnya ketika sedang melakukan aktivitas fisik ringan sekalipun.
  • Cepat kelelahan.
  • Tidak nyaman pada area sekitar dada (nyeri).
  • Denyut jantung menjadi tidak beraturan (berdebar debar).
  • Mudah berkeringat terutama pada malam hari menjelang tidur.

Banyaknya penderita jantung yang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius sekaligus dapat membahayakan jiwa pasien itu sendiri. Namun dengan mengetahui definisi jantung bengkak kardiomegali diharapkanĀ kita bisa menghindari dan mencegahnya maka kita akan mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *